Tip Lamaran kerja via Email

  Kenapa sih harus Email ?Karena email dapat menghubungkan kita dengan siapa saja yang terhubung di internet di seluruh dunia dengan biaya pulsa lokal. data dikirim secara elektronik sehingga sampai tujuan dengan sangat cepat dan Gratis. Bisa mengirimkan kepada lebih dari satu orang saat bersamaan. Dan bisa Digunakan untuk berlangganan informasi/artikel/berita bahkan untuk melamar pekerjaan. Karena banyak perusahaan pembuka lowongan pekerjaan lebih menyarankan para pelamar untuk mengirim surat lamaran kerja melalui email, entah itu untuk lowongan kerja part time ataupun full time, dengan alasan email sangat efisien, yaitu cepat dan mudah bagi kedua belah pihak.  Dalam kesempatan ini saya mencoba menulis Tip mengirim surat lamaran kerja melalui email.

- Pertama : pahami persyaratan/berkas apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan. Selanjutnya berkas tersebut kita scan untuk dijadikan file elektronik yang nantinya kita kirim ke perusahaan. Perlu diingat hasil Scan berkas usahakan ukuran file tidak terlalu besar, hal ini bertujuan agar saat mengupload file lamaran prosesnya tidak lama. Ukuran berkas juga berpengaruh terhadap kesuksesan anda mengirim email lamaran kerja. Sebaiknya berkas tidak lebih dari 2MB. Mengapa? Karena tidak semua perusahaan mempunyai mailserver yang besar menampung data yang banyak dari banyaknya pelamar. Bisa jadi email Anda akan ter-bounce/terpental balik, karena server tidak mau menerima. Dan juga, membuka berkas berukuran besar melalui HP, jelas sayang pulsa dong. apabila ukurannya masih besar bisa dikecilkan dengan menggunakan aplikasi di windows seperti Microsoft Office Picture Manager. jika belum pernah menggunakan aplikasi tersebut nanti saya posting pada postingan berikut.

- Kedua : Persiapkan akun email anda. Bila belum memiliki email Anda bisa membuatnya terlebih dahulu. Perlu diingat buatlah alamat email yang baik dengan nama asli seperti budi.cahya@mail.com bukan ganteng.tenan@mail.com atau kekasih1234@mail.com bisa-bisa dikira iseng bukan mencari kerja beneran.

- Ketiga : saat ingin mengirim email pastikan alamat email tujuan sudah benar, periksa kembali dengan teliti jangan sampai surat lamaran anda tidak sampai atau salah alamat. Pemberian judul/subject menjadi sangat penting untuk dicantumkan serta disesuaikan dengan hal yang diminta misalnya Anda bisa memilih judul "Lamaran Pekerjaan Untuk Posisi ....................." bila judul email yang masuk tidak jelas bisa dianggap spam atau akan diabaikan. Meskipun yang diperlukan perusahaan penerima lowongan adalah berkas lamaran yang berupa file elektronik.

- Keempat : penulisan isi pengantar juga perlu diperhatikan jangan dikosongi. Gunakana bahasa yang simpel dan tidak bertele-tele serta jelas maksudnya. Isi bisa dibuat sesuai surat lamaran pekerjaan yang juga disertakan dalam lampiran file elektronik. 

- Kelima : Setelah semua hal diatas diperiksa dengan baik dan benar maka sebelum dikirim kepada email tujuan alangkah baiknya dilakukan test pengiriman email. Gunakan alamat email Anda yang lain untuk tujuan pengiriman, setelah terikirim Anda bisa membaca dan memeriksa kembali karena seperti itulah email yang akan dibaca oleh perusahaan yang dituju. Apabila dirasa masih ada yang kurang bisa dilakukan perbaikan, dan setelah yakin semuanya benar baru kirim ke alamat email perusahaan penerima lowongan pekerjaan.
Semoga bermanfaat dan sukses selalu buat anda.

0 komentar:

Posting Komentar